Bagaimana Mencari Ide Bisnis Untuk Bisnis Online Kita?

Banyak orang yang mengaku kesulitan dalam mencari ide bisnis untuk bisnis onlinemereka yang akan dijalankan di internet. Bila sedulur netter termasuk dari mereka, kini tidak perlu cemas lagi. Artikel berikut  akan memberi gambaran langkah-langkah sederhana, bagaimana sedulur netter bisa mendapatkan ide bisnis apa saja yang bisa dijadikan bisnis online.

Di internet ada alat gratis yang bisa sedulur netter gunakan untuk mencari ide bisnis.  Salah satunya adalah google adword keyword tools (http://adword.google.com). Lewat bantuan alat  gratis ini sedulur netter dapat mengetahui apa dan berapa banyak orang yang mencari topik yang sedang sedulur netter cari, berdasarkan kata yang sedulur netter ketikkan. Kata tersebut biasa dikenal sebagai kata kunci atau keyword.

"Mencari Ide Bisnis"
Halaman Google Adword Keyword Tool 1

Alat tersebut selalu digunakan oleh para marketer untuk mencari-cari kata kunci yang berhubungan dengan produk atau jasa yang akan dijualnya. Berdasarkan cara kerja alat tersebut, sedulur netter bisa juga menggunakan sebagai langkah awal dalam mencari ide bisnis untuk bisnis online kita. Alat  gratis ini sangat memanjakan sedulur netter untuk mendapatkan ribuan target pasar atau calon pembeli produk atau jasa yang akan kita jual. Padahal sedulur netter cuma mengetikkan satu kata saja.

Google Adword Keyword Tools

Silakan masuk ke google adword keyword tools. Maka sedulur netter akan dibawa ke halaman: Temukan kata kunci, Berdasarkan satu atau beberapa dari yang berikut. Silakan ketik satu kata atau frase kata pada kolom kata kunci, selanjutnya di opsi pilihan atur negara tujuan dan bahasa yang diiginkan. Yang lain biarkan saja. Isi kata sandinya pada kotak kata sandi, lalu tekan tombol Telusuri atau Search. Dalam beberapa saat alat tersebut segera memberi tahu berapa kali kata kuci yang sedulur netter ketikkan juga telah diketikkan atau dicari orang lain.

READ :   Memulai Bisnis Online Dari Hobi Fotografi

Misalnya sedulur netter mengetikkan kata “cat”- kucing (tanpa tanda kutip) pada kolom kata kunci. Maka wuus..alat langsung bekerja dan melaporkan hasil pencariannya. Ternyata kata tersebut telah dicari sebanyak 83.100.000 kali selama sebulan (Maret 2012) di internet. Wow….! Buanyak banget ya…. Betul! Banyak sekali. Apakah sedulur netter sudah mencium suatu ide bisnis?

Sedulur netter bisa mengganti-ganti kata kunci yang di ketikkan di kolom kata kunci. Bisa satu kata, dua kata, tiga atau empat kata, sebagai frase atau gabungan dari kata tersebut. Maka dalam kolom laporan pencarian kata, akan diberikan sederetan angka-angka, sebanyak orang yang mengetikkan atau mencari kata tersebut.

"ide bisnis kata kunci cat house"
Ide Bisnis dari Google Adword Keyword Tools 2

Kata Kunci Spesifik

Hebatnya lagi, alat tersebut sangat berbaik hati. Bukan hanya memberi tahu berapa kali kata kunci “cat” diketikkan orang di internet, namun alat ini juga memberi rekomendasi kata kunci lain yang berhubungan dengan kata kunci “cat” tersebut, seperti:

  • cat breed
  • cat name
  • cat health
  • cat behavior
  • bengal cat
  • cat door
  • cat food
  • cat hause

dan ratusan kata lain yang berhubungan. Dari ratusan gabungan kata kunci tersebut, sedulur netter bisa menemukan kata kunci spesifik yang bisa sedulur netter gunakan sebagai ide bisnis yang akan dijalankan.

Jadi ketika sedulur netter mengetikkan kata “cat” maka dilaporkan juga jumlah pencari kata “bengal cat” sebanyak 368.000 dan “cat house” sebanyak 450.000 pencari. Wow.. masih banyak juga ya.. Padahal ketika sedulur netter membaca kata” cat house”, tentu dalam benak terlitas ada banyak bentuk dan jenis “cat hause” (kandang kucing). Nah, coba sedulur netter ketikkan kata “cat house” tersebut di kolom kata kunci google keyword tools. Lalu tekan Seach atau Telusuri.

READ :   Rahasia SEO di Blog Agar Website Nangkring di Halaman Satu

Ternyata masih banyak frase kata yang belum terpikirkan oleh kita yang ditampilkan juga yang bisa dijadikan ide bisnis untuk bisnis online kita.

Ada frase kata:

  • outside cat house
  • outdoor cat house
  • big cat house
  • large cat house
  • kitty cat house

Coba renungkan, apa artinya ini? Artinya alat gratis google adword keyword tools tersebut dapat membantu sedulur netter menemukan target market yang sangat luas seolah tidak terbatas sebagai ide bisnis. Telusuri setiap kata kunci dengan lebih dalam maka ribuan frase kata kunci yang tak pernah terpikirkan akan dimunculkan.

Intinya, dengan mendalami  kata kunci-kata kunci tersebut dan mengetahui  jumlah pencarinya sedulur netter bisa mengembangkan suatu ide bisnis produk-produk atau jasa yang berhubungan dengan target marketnya. Sedulur netter bisa memperoleh suatu kesempatan dan peluang usaha untuk meraih keuntungan.

Dengan satu kata “cat” saja, sedulur netter bisa mendapatkan ratusan bahkan ribuan target market. Sama seperti kata “cat”, sedulur netter bisa menggantinya dengan kata lain sesuai keinginan. Misalnya: cooking, bike, learn, soccer, guitar, photography, website, hobby dan lain-lain. Selanjutnya sedulur netter bisa membuat situs atau website yang bertemakan frase kata tersebut sebagai “ide bisnis”.

Intinya adalah kata kunci lebih spesifik lebih baik.

Dari hasil pencarian di atas, saya dapat mengembangkan sebuah ide bisnis seputar “cat house”.

  • Setelahbelajar caya membuat web dengan baik, saya akan membeli domain: www.cathouse(dot)com , atau akhiran nama domain lain yang masih tersedia:
  • Lalu saya akan membuat sebuat situs yang berisikan tentang berbagai informasi tentang “cat house”, tips dan trik, jenis-jenis cat house serta informasi lain yang berhubungan dengan cat house untuk orang-orang yang menyukai kucing.
  • Saya akanmembuat news letter gratis untuk pengunjung situs saya. Newsletter akan saya kirim setiap minggu. Isinya adalah aneka tips menyiapkan kandang untuk kucing kesayangan mereka agar kucing selalu sehat dan cantik.
  • Saya juga menyiapkan forum khusus orang-orang yang pecinta kucing, agar setiap orang yang memiliki kucing bisa berkomunikasi dan berbagi. Selanjutnya saya juga terus membangun kredibilitas nama saya dan menempatkan diri sebagai ahli tentang “cat house”. Tentu ini akan menjadi suatu kegiatan yang mengasyikkan karena saya bisa berkumpul dengan orang-orang satu hobi.
  • Dan tidak lupa tentu saja, karena ini tujuan dari pembuatan situs tersebut, saya bisa menjual baik produk-produk “cat house”, ebook-ebook merawat kucing, produk makanan kucing, foto-foto kucing cantik, produk asesoris dan lain-lain. Inilah ide bisnis yang akan menjadi bisnis online saya.
READ :   Cara Mendaftarkan Website ke Google Webmaster Tools

Nah, sekarang giliran sedulur netter dong, untuk mencari KATA KUNCI APA yang kira-kira cocok. Tentunya sedulur netter yang paling ahli dalam hal ini karena yang paling tahu apa yang sedulur netter sukai adalah sedulur netter sendiri. Bagiamana, sudah memiliki kata kunci yang akan dikembangkan menjadi ide bisnis untuk bisnis online?

Wassalam

Sudjono AF

Similar Posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.