Berapa Sih Modal Awal Memulai Bisnis Online?

Ada dua hal yang harus sedulur netter pahami ketika mau memulai bisnis online. Pertama, bisnis online itu adalah bisnis. Artinya, karena namanya bisnis maka akan membutuhkan modal investasi dan juga  modal operasional.  Wah, harus punya modal ya? Ya, betul! Semua bisnis offline maupun online selalu perlu modal. Ini yang sedulur netter harus pahami dalam memulai bisnis online.

Memulai bisnis onlinememang perlu modal. Setidaknya berupa komputer atau laptop dan biaya sambungan internet. Aduh! Besar dong? Tidak juga. Sedulur netter bisa menyiasatinya dengan menggunakan warnet, 2-3 jam online sekitar Rp5.000,- Sementara biaya sewa nama domain dan hosting, bisa menggunakan yang gratisan dulu. Namun saya menyarankan gunakanlah ilmu “The Power of Kepepet” he..he..

modal awal memulai bisnis online
Modal Dalam Memulai Bisnis Online Tetap Ada

Yaitu dalam memulai bisnis online maupun offline, rangsanglah syaraf-syaraf, otot-otot dan sel sel “bisnis” dalam diri sedulur netter untuk selalu berpikir bisnis. Caranya dengan menciptakan kondisi kepepet, keterdesakan. Biasanya dalam kondisi tedesak maka energi dan pikiran bawah sadar akan terpacu dan bersemangat untuk mencari solusi menghilangkan rasa tidak nyaman (kepepet) tersebut.

Dengan berkorban mengeluarkan biaya untuk beli komputer, bayar sambungan internet, sewa nama  domain dan hosting, tentu kita akan lebih bersemangat dalam memulai bisnin online. Pikiran kita akan tercurah untuk terus memikirkan bisnis kita, mencari solusi dan terobosan agar bisnis berjalan lancar dan menguntungkan. Bandingkan kalau semua gratis dan kita memulai bisnis online dalam zona aman.

Jadi sarana berupa komputer dan perangkatnya, akan mendukung roda bisnis online kita. Apapun pekerjaan sedulur netter saat ini, baik sebagai karyawan kantoran, profesional, pekerja pabrik, pemilik toko, restoran, pekerja serabutan bahkan pengangguran sekalipun, tetap membutuhkan sarana dalam memulai bisnis online.

Barangkali sedulur netter akan berkata, “Saya kan pake internet kantor?”

“Yup! Tak ada masalah. Sebagai langkah awal membulai bisnis online tidak apa-apa. Tapi sampai kapan?”

READ :   Cara Mendapatkan Domain Murah

Saya banyak dapat cerita sukses para pebisnis online di internet, akhirnya berani investasi untuk membeli beberapa sarana untuk mendukung aktivitas bisnis onlinennya. Langkah awal dalam memulai bisnis online, sah-sah saja menggunakan fasilitas dan kemudahan kantor di tempat sedulur netter bekerja. Namun selanjutnya sedulur netter tetap harus membuat rencana-rencana realistis untuk mendukung  keberhasilan bisnis online tersebut.

Binis online adalah bisnis. Juga membutuhkan modal. kita harus memahami ini dari awal saat memulai bisnis online.

Nah, sekarang mari kita rinci sarana apa saja yang diperlukan dalam memulai bisnis online. Sarana ini diantaranya akan menjadi investasi kita. Sebagaimana kita akan membangun toko atau restoran. Maka kita mengeluarkan dana untuk sewa counter, kios atau ruko, membeli berbagai peralatan pendukung dan terakhir kulakan barang atau bahan baku.

Untuk bisnis online, sarana yang diperlukan:

  1. Komputer atau laptop.
  2. Koneksi Internet
  3. Sewa Nama Domain
  4. Sewa Web Hosting

Komputer  atau laptop. Prioritas tinggi. Agar tidak terasa berat membeli komputer atau laptop, misalnya seharga Rp6 juta. Saya sarankan laptop saja, beli dengan cara kredit, dengan bunga 1,8%, dicicil 12 kali tanpa uang muka. Artinya kita hanya perlu dana sekitar Rp600 ribu sudah bisa membawa pulang komputer atau laptop. Jadi modalnya bisa dipakai untuk keperluan lain. Manfaat lain, sedulur netter akan terpacu untuk segera mendapatkan penghasilan dari bisnis online untuk membayar cicilan. Ini ritme yang bagus dalam memulai bisnis online.

Saya juga menyarankan, meskipun sedulur netter memiliki tabungan yang cukup untuk membeli laptop dalam memulai bisnis online, coba beranikan diri untuk tetap membeli cara kredit. Gunakan uang orang lain. Kenapa? Sedulur netter akan merasa tertantang memacu pikiran dan sel-sel di dalam tubuh untuk membuktikan bahwa bisnis internet bisa menghasilkan.

Kenapa laptop? Tentu saja lebih praktis. Laptop bisa dibawa kemana saja sehingga kita bisa menjalanklan bisnis online dimana saja asal ada jaringan internet. Dengan laptop sedulur netter bisa mengoperasikan bisnis internet ini di cafe, taman, mall, ruang tunggu, di atas kereta api dan lainnya. Kita bisa melakukannya dengan mudah dan praktis.

READ :   Kiat Tidak Tertipu Berbelanja Online

Koneksi internet. Prioritas tinggi. Ya, sudah jelas tanpa jaringan koneksi internet kita tidak bisa memulai binis online. Saat ini semua profider HP sudah menjual kartu untuk langganan internet. Bahkan ada yang dikemas jadi satu dengan modemnya. Harga model Rp350 ribu sudah bagus, ditambah langganan internet Rp100 ribu per bulan larinya cukup kencang, maka sedulur netter sudah siap memulai bisnis online.

Domain dan hosting. Prioritas tinggi. Sebab tanpa domain dan hosting kita tidak bisa memulai bisnis online dan tidak dapat jualan apa-apa. Domain adalah nama situs atau nama toko. Ingat nama domain adalah unik, hanya ada satu pemilik di dunia ini. Tidak ada nama domain kembar. Karena itu sedulur netter harus belajar cara memilih domain yang keren dan dicari banyak orang.

Untuk mengecek sebuah nama domain sudah ada yang punya atau belum bisa dicek lewat www.cbwebspace.com. Silakan buka dan ketikkan calon nama domain, maka dalam sekejap akan ketahuan. Bahkan juga diberitahu alternatif akhiran nama domain lain yang belum dimiliki orang lain. Silakan pilih yang cocok dihati namun tetap memperhatikan segi bisnisnya.

Selanjutnya sewa web hosting. Hosting  ini diperlukan untuk menempatkan alamat nama domain atau toko sedulur netter dalam memulai bisnis online. Ibaratnya ketika sedulur netter sudah punya nama situs (nama toko),maka perlu tempat untuk menaruh barang dagangan. Nah, di bisnis online tempat itu namanya hosting.

Saran saya, meski sedulur netter bisa sewa hosting gratisan, usahakan memulai bisnis online dengan langsung saja sewa hosting berbayar. Banyak kok web hosting murah, salah satunya di cbwebspace tersebut. Bahkan sebulan ada yang cuma Rp10 ribu sewanya dengan kapasitas 500 MB. Cukup besar untuk website jualan kita. Sementara web hosting gratisan tetap bisa digunakan untuk mendukung website sebenarnya. Jadi web yang gratisan bisa dipakai untuk promosi.

READ :   Mengenal Portal Jual-Beli Gratis

Jadi bila dihitung kasar, dalam memulai bisnis online yang eksis setidak diperlukan modal awal sekitar Rp5 juta sampai Rp6 juta.

Rinciannya sebagai berikut:

  1. Laptop Rp600 ribu (sistem kredit) per bulan sampai lunas, untuk 6 bulan = Rp3,600.000,-
  2. Modem Rp350 ribu, sekali beli.
  3. Langganan internet Rp100 ribu per bulan, untuk 6 bulan = Rp600.000,-
  4. Sewa nama domain Rp90 ribu per tahun.
  5. Sewa web hosting Rp10 ribu per bulan, untuk 6 bulan = Rp60.000,-
  6. Kursus Cara Membuat Web di RWP Depok Rp1 juta sampai bisa dan fasilitas konsultasi hingga menghasilkan.

Total modal yang diperlukan untuk opersional selama 6 bulan sekitar Rp5.760.000,- Ya, dibulatkan menjadi Rp6.000.000. Itu pun masih bisa ditekan lho…Tentunya tidak termasuk gaji sedulur netter. Ya.. puasa dululah. Namanya juga memulai bisnis online. Maka targetnya pada bulan ketujuh harus sudah menghasilkan. Syukur-syukur bila mulai bulan kedua atau ketiga sudah menghasilkan.

Apa bisa? Bila sedulur netter serius, passion dan yakin bisa maka akan bisa. Saya sendiri sudah membuktikannya. Web tokoonline saya www.majalahka-shop.com  yang gratisan bisa menghasilkan. Begitu pun yang berbayar, pembelinya terus mengalir.

Bagaimana dengan softwarenya? Baik pada artike berikutnya akan saya jelaskan berbagai software pendukung jualan sedulur netter di internet. Tidak usah kuatir semua gratis namun berkualitas. Nah, bagaimana siap memulai bisnis online?

Wassalam

Sudjono AF

Similar Posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.