Cara Membuat Web Dengan WordPress

Cara Membuat Web Dengan Wordpress

Cara membuat web dengan wordpress merupakan salah satu pilihan yang bisa dibilang tepat bagi pemula atau yang mengaku gaptek. Sekitar 1990-an, khususnya di Indonesia, cara membuat web hanya bisa dilakukan oleh para ahlinya saja.

Cara Membuat Web Dengan WordPress
Cara Membuat Web Dengan WordPress

Tidak dapat sembarang orang. Para desainer cara membuat web di internet ini harus memiliki kemampuan dan kemahiran bahasa pemrograman internet yang rumit, wajib menguasai sistem basis data, dan harus  pintar menghubungkan kode-kode dan rumus-rumus bahasa mesin. Ya.., setidaknya mereka seperti para ahli kimia dan matematika yang wajib hapal rumus-rumus yang bikin kita puyeng.

Untungnya dari sekian banyak para pakar desain cara membuat web ini, banyak pula yang berbaik hati. Mereka terus mencurahkan pikiran, waktu, tenaga termasuk uangnya untuk dapat menghasilkan sebuah karya yang bisa dinikmati banyak orang di seluruh dunia. Maka lahirlah sebuah aplikasi yang mudah bagi orang gaptek sekalipun untuk bisa membuat web. Aplikasi cara membuat web cara mudah ini disebut Content Management System, disingkat CMS.

Sederhananya yang dimaksud CMS (dalam bahasa Indonesia: Sistem Manajemen Konten) menurut Ensiklopedia Wikipedia merupakan perangkat lunak dengan sistem tertentu yang memungkinkan para pembuat web termasuk sedulur netter untuk membangun web, mengelola isinya dengan cara mudah, terstruktur, dan tidak pakai ribet.

Asyiknya lagi CMS cara membuat web ini banyak yang dihadiahkan secara gratis kepada kita semua. Ya, betul-betul gratis yang sering disebut istilah open source. Kita bisa menggunakannya untuk membuat website dengan berbagai desain penampilan dan sesuai keperluan. Sungguh dahsyat passion dan pengabdian para pakar CMS tersebut untuk kemajuan dan kemakmuran manusia.

READ :   Cara Membuat Kategori di Wordpress

Ada cukup banyak CMS open source sesuai tujuan membuat website. Apakah untuk Web Portal, Situs Forum Diskusi, Web Personal atau Blogs, Website Perusahaan, Web Komunitas atau Groupware, Web Pendidikan, Web Galeri Foto, Wikipedia, Situs Jejaring Sosial, dan E-Commerce atau Toko Online.

Sebagian besar CMS ini buatan para pakar dari luar negeri. Namun ada juga buatan anak negeri, yaitu CMS Balitbang. CMS hasil kerja keras Balitbang Kemdiknas Indonesia ini bisa diunduh di http://www.kajianwebsite.org. CMS-nya sudah siap pakai dengan tujuan untuk mengembangkan web sekolah: SD, SMP dan SMU. Menu sudah lengkap dan mudah dipergunakan karena tidak perlu menambahkan piranti tambahan seperti plugin. Satunya lagi adalah CMS php yang dikembangkan PT Proweb Indonesia.

Dari sekian banyak CMS cara membuat web khususnya untuk web personal dan toko online yang cukup popular di Indonesia adalah Drupal, Jomla, Mambo, WordPress, Blogspot, Prestashop dan ZenCart.

Memilih CMS cara membuat web adalah seni. Pasalnya, masing-masing CMS memiliki kelebihan dan kekurangan. Tidak ada yang sempurna melayani dan menyediakan semua perangkat dan fitur sesuai kemauan setiap orang. Saya sendiri saat ini menggunakan CMS WordPress untuk membangun web toko online dan web perusahaan, disamping juga sedang belajar CMS Jomla.

Cara membuat web dengan WordPress bisa dibilang sangat digemari di Indonesia, baik yang WordPress.com maupun WordPress.org. Alasannya cara membuat web dengan WordPress memang cukup mudah. Salah satunya CMS WordPress mempunyai interface atau tampilan antar muka yang sederhana dan bersahaja namun elegan. Paling penting dan sangat disukai para pembuat web karena WordPress diklaim sebagai CMS yang Search Engine Friendly. Yaitu CMS yang bersahabat dan suka kong kalikong dengan mesin pencari: Google, Yahoo, MSN dan lainnya.

READ :   Praktek SEO Cara Membuat Web Bagi Pemula

Nah itulah enaknya. Kalau CMS bisa KKN (yanga baik) dengan search engine, kan website sedulur netter akan sering disamperin dan diapelin oleh anak buah simbah Goole atau kakek Yahoo. Hasilnya website sedulur netter akan ditongkrongkan atau dipajang di halaman pertama mesin pencari tersebut. Jadilah peluang trafik meningkat dan rupiah atau dolar mengalir. Mantap, bro..!

Belajar tentang cara membuat web dengan WordPress bisa sedulur netter lakukan secara mandiri alias otodikdak. Banyak tutorialnya di internet. Sedulur netter bisa mendownloadnya secara gratis. Atau membeli buku-buku cara membuat web dengan WordPress yang juga banyak dijual di toko buku.

Namun bila sedulur netter hendak mendalami cara membuat web dengan WordPress agar menjadi mahir, saya menyarankan sedulur netter bergabung dengan Asian Brain, salah satu kursus online internet marketing yang dirintis mojang Bandung, Anne Ahira. Kursus online Asian Brain sudah sangat popular dan ternama. Nama Anne Ahira sebagai CEO Asian Brain juga sudah dikenal sebagai internet marketer kelas dunia.

Nah, di Asian Brain inilah, salah satu tutor seniornya bernama Mbak River Maya terkenal sangat obral memberikan tips dan trik cara membuat web dengan Wordprress. Bahkan wong Jogja ini suka juga berbagi ebook gratis tentang ilmu WordPress. Saya pernah mendownload tutorial Mbak Maya ini di forum diskusi Asian Brain setebal 125 halaman berjudul Autobloging Wordprress secara gratis tis..tis. Ma’ kasih ya Mbak Maya…

READ :   Pengaturan SEO Smart Links

Untuk ikut kursus online di Asian Brain ini biaya membernya adalah bulanan. Ya..seperti anak sekolah gitu. “SPP” bulanannya sekitar Rp170 ribu. Namun sedulur netter, ilmu yang diberikan buanyak sekali. Berlimpah-limpah deh dan tokcer untuk bisnis internet marketing. Imbang dengan besarnya biaya.

Atau sedulur netter bisa juga berkunjung ke Café Bisnis.com. Website pembelajaran WordPress yang diluncurkan Cak Lutvi Avandi yang asli Surabaya ini juga memberikan kursus online cara membuat web dengan WordPress. Bayar iurannya cuma sekali untuk seumur hidup sekitar Rp197 ribu. Bila sedulur netter menjadi member maka akan mendapat banyak ebook, themes, plugin dan strategi cara membuat web dengan wordpress.

Cak Lutvi  Avandi juga dikenal sebagai salah satu pakar dan praktisi WordPress Indonesia. Saat ini dipercaya menjadi salah satu moderator forum WordPress Indonesia dan sebagai validator terjemahan WordPress bahasa Indonesia.

Mantap kan..?

 

Wassalam

Sudjono AF

NB: Ciptakan hiu-hiu kecil dalam hidup ini agar kita tetap semangat dan optimis dalam meraih impian.

Similar Posts:

2 thoughts on “Cara Membuat Web Dengan WordPress

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.