Cara Membuat Web: Instal XAMPP dan WordPress di Localhost

Cara membuat web atau blok saat ini bisa dibilang sangat mudah. Hal ini karena sudah adanya suatu sistem content managemengt system (CMS) yang mesupport 100 %. CMS yang sudah dibuild-up tersebut tinggal sedulur netter upload ke server, selanjutnya sedulur netter sebagai administrator tinggal mengelolanya. Pendek kata, dengan adanya CMS, maka belajar cara membuat web menjadi sederhana dan gampang.

Dalam memulai belajar cara membuat web kadang kita bingung memilih CMS mana yang akan digunakan. Pasalnya sudah banyak CMS yang bersifat opensource dan gratis telah tersedia. Sedulur netter tinggal unduh dan menggunakannya, bahkan tidak perlu minta ijin dulu. Bagi sedulur netter yang pemula, saya  sih menyarankan gunakan CMC WordPress.

Mengapa WordPress? Barangkali pertanyaan itu langsung saja terlontar dari benak sedulur netter. Saya dulu juga begitu saat diberi tahu tutor saya. Jadi pertanyaan tersebut berulang he.he.. Nah, dalam artikel ini akan saya jelaskan agak panjang ya, biar sedulur netter menjadi yakin dan ngeh.. Intinya, dengan CMS WordPress maka cara membuat web menjadi menyenangkan.

Alasan saya memilih CMS WordPress ketika memulai belajar cara membuat web dulu diantaranya:

  1. CMS WordPress memiliki konfigurasi fitur-fitur yang cukup sederhana. Sehingga nantinya sedulur netter tak memerlukan waktu lama untuk memahami dan menguasainya. Sederhana ini bukan berarti fasilitasnya minim lho. Justru sangat lengkap dalammendukung sedulur netter yang pemula dalam belajar cara membuat web.
  2. Meski fasilitas bawaan WorPress sendiri mungkin belum sempurna untuk mendukung sebuah web yang interatif, namun terbukanya sistem di WordPress dengan plugin-plugin dari luar, membuat WordPress seolah siap diisi apa saja. Kita tinggal menambah fasilitas yang sedulur netter inginkan. Seperti: kalender, statistik, forum, iklan, jam dan lainnya.
  3. Dalam belajar cara membuat web ini ada dua pilihan untuk memulai instal WordPres. Yaitu lewat localhost dan langsung ke server.
  4. Dukungan komunitas WordPress yang besar dengan tutorial dan problem solving yang selalu terbaru.
READ :   Praktek SEO Cara Membuat Web Bagi Pemula

 

Baik pada materi cara mebuat web kali ini kita akan pelajari cara instal WordPress pada localhost atau komputer kita. Meski sebenarnya CMS WordPress lebih ringkes bila langsung diinstal ke server hosting. Tidak dua kali kerja.

Namun sebagai pembelajaran cara mebuat web dan karena beberapa alasan beberapa sedulur netter memilih instal dulu CMS WordPress ke localhost atau komputer sendiri. Diantaranya masih malu websitenya dilihat orang lain karena masih amburadul atau berantakan. Mereka maunya sudah jadi bagus baru dipublis ke umum. Ya.. mangga aja.

Mulai Instal ke Localhost

Untuk instal CMS WordPress, sedulur netter perlu menyiapkan komputer dengan kapasitas yang cukup untuk menginstal, Apache (program yang seolah sebagai hosting), program MySQL (sebuah database) dan PHP (bahasa pemrograman web), selanjutnya nanti instal CMS WordPress. Saya harap sedulur netter tidak jiper dulu dengan kalimat tersebut. Dalam belajar cara membuat web ini semuanya sudah dikemas untuk mudah dipelajari dan dikelola.

Baik, kita akan mulai step by step agar belajar cara membuat web sedulur netter enak diikuti.

A.Menginstal Apache, MySQL dan PHP ke komputer sedulur netter.

  1. Download Apache dan MySQL dalam satu paket, Apache Friends. Yaitu berupa: xampplite (basic package) dari situs http://www.apachefriends.org atau http://www.sourceforge.net. Ukurannya sekitar 46 MB berbetuk zip atau exe. Karen sedulur netter masih pemula dalam belajar cara membuat web ini, maka pilih saja yang format file zip.
  2. Ekstrak xampplite ke drive komputer sedulur netter. Diperlukan sekitar 115 MB.
  3. Lakukan test apakah xampplite telah berhasil diinstal. Caranya: buka dari folder C:\xampplite. Jalankan xampp-control.axe dan klik start di baris Apache dan MySQL. Tunggu beberapa saat hingga muncul tanda keduanya berjalan, muncul tulisan “running”.
  4. Setelah keduanya berjalan (running) selanjutnya buka web broser sedulur netter di mozilla firefox atau internet explorer, ketikkan localhost dan tekan enter. Jika intalasi kita berhasil maka akan tampil pesan:
READ :   Cara Membuat Web Wordpress Dapet Duit

Welcome to XAMPP for Windows Version..

Congratulation:

You successfully installed XAMPP on this system!

B.Menginstal WordPress ke komputer sedulur netter untuk memulai belajar cara membuat web.

  1. Download CMS WordPress versi terbaru dari  http://www.wordpress.org atau http://www.wordpress.org/latest.zip/ ukuran file sekitar 1 MB.
  2. Ekstrak  file latest.zip tersebut di forlder htdocs (C:\xampplite\htdocs). Capy file latest.zip lalu ekstrak. Maka akan dihasilkan folder wordpress yang berisi tiga folder yaitu: wp-admin, wp-content dan wp-includes. Juga beberapa file *.php lainnya.
  3. Foldel WordPress itulah yang nantinya menjadi nama web yang akan di buka lewat URL saat mulai belajar cara membuat web. Misalnya http://www.caramembuatweb.net. Nama web dari bawaan WordPress harus sedulur netter rename dahulu misal “belajarcaramembuatweb”, dengan begitu saat membuka di localhost-nya alamatnya: http://www.localhost/belajarcaramembuatweb.
  4. Nah agar bisa dijalankan, maka WordPress harus diinstal dulu. Namun sebelumnya ada beberapa konfigurasi yang harus dilakukan, yaitu Apache dan MySQL telah dijalankan, sebagaimana langkah-langkah di atas.
    1. Buka browser dan ketik localhost, selajutnya pilih menu sebelah kiri bagian di bawah php MyAdmin, atau ketik: http://localhost/phpmyadmin/
    2. Buat database baru dengan mengetikkan nama database di bawah keterangan Create new database, misalnya “belajarcaramebuatwebfdb”, selajutnya klik Create.
  5. Setelah berhasil dibuat database baru, buka file wp-config-sample.php yang letakkan di  C:\xampplite\htdocs\belajarcaramembuatweb, dengan editor seperti Notepad, dan ubah datanya seperti berikut (berdasarkan langkah di atas) yaitu “put your db name here” dengan “belajarcaramembuatwebdb” (nama database yang telah dibuat sebelumnya. Lalu “user name here” diganti dengan root dan hapus text “yuor password here” shingga tinggal titik dua (:). Selanjutnya simpan dan close.
  6. Selanjutnya ubah file wp-config-sample.php menjadi wp-config.php.
  7. Langkah berikutnya menginstal WordPress. Buka web browser kemudian isikan alamat URL http://localhost/belajarcaramembuatweb/we-admin/install.php. Maka akan tampil sapaan ”Welcome” dari WordPress.
  8. Isikan alamat Blog Tittle dan alamat emial, selanjutnya klik Install WordPress.
  9. Jika berhasil akan dimunculkan tampilan WordPress, Success! Jangan lupa password yang tampil, atau catat.
  10. Untuk memulai pengaturan, mengisi artikel dan sebagainya, bisa sedulur netter langsung masuk ke admin panel. Caranya klik log in (dari tampilan sebelumnya) atau wp-admin.php. Atau bisa juga langsung mengetikkan alamat di http://localhost/belajarcaramembuatwe/wp-admin.php di web browser.
  11. Ketikan username-nya dan isikan password yang telah kita punyai. Ketik login>>
  12. Selanmjutnya sedulur netter bisa mulai menuliskan artikel, menjelajahi dan mempelajari menu-menunya. Jangan lupa mengganti passwordnya melalui menu User dan klik Edit untuk username admin.
READ :   Cara Menginstall WampServer

Selamat! Kini sedulur netter bisa berkreasi dengan website baru. Langkah-langkah cara membuat web siap dipraktekkan.

Wasslaman

Sudjono AF

Similar Posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.