Cara Membuat Web: Trik Melakukan Postingan Artikel Pada Post

Artikel “Cara Membuat Web” kali ini adalah trik melakukan posting artikel pada Post. Post adalah fasilitas yang dimiliki WordPress untuk mempublish artikel atau gambar pada website sehingga bisa dibaca dan dilihat pengunjung. Nah, dalam belajar cara membuat web ini sedulur netter saya ajak memahami trik-trik memposting artikel.

  1. Membuat Artikel

    cara membuat web judul artikel

Untuk membuat artikel dalam belajar cara membuat web, ada dua cara. Masing-maing hanya dibedakan oleh medianya.

a. Langsung mengetik di kotak Post.

  • Untuk memulainya, sedulur netter harus masuk dahulu ke dashboard website sedulur netter, yaitu dengan mengetikkan www.namaweb.com/wp-admin/, pada search engine Google, Yahoo atau seacrh engine yang lain. Misalnya, www.caramembuatweb.net/wp-admin/. Maka akan muncul kotak log in wp-admin.
  • Ketikkan username dan password sedulur netter lalu tekan log in. Bila username dan paswordnya benar maka akan muncul halaman dashboard website sedulur netter, dengan berbagai fiturnya.
  • Pada kotak sebelah kiri atas, cari tulisan Post. Bila kursor ditempatkan padanya akan muncul Add Post. Klik tombol Add Post tersebut untuk masuk ke kotak Posting.
  • Kotak Posting terdiri dari beberapa fitur: Pertama adalah kotak tempat judul artikel. Kedua, link alamat artikel misalnya: http://www.caramembuatweb/judul posting/. Ketiga kotak tempat meletakkan artikel. Pada kotak posting ada beberapa tombol kecil berderet untuk membantu mengatur dan mengedit artikel.
  • Di kotak posting inilah sedulur netter bisa mengetik langsung artikel yang akan dipublish. Bisa langsung diedit dan diatur. Ada rata kiri, rata kanan, center. Ada bold, italic, garis bawah dan lainnya. Besarnya huruf bisa diubah-ubah juga dengan memilih paragraf, headline1,2,3 dan 4. Namun kita tidak bisa memilih huruf, karena jenis font atau huruf sudah ditetapkan sesuai dengan jenis themes yang dipilih. Jenis huruf hanya bisa diubah lewat mode HTML di panel Editor yang agak rumit. Sedulur netter sebagai pemula tak perlu memikirkan. Tentang themes akan diuraikan di artikel lain.
  • Setelah selesai menulis artikel dan merapikannya, bisa dilihat dulu pada preview sebelum dipublish. Disini juga nanti bisa ditambahkan gambar dan foto biar website tampak keren. Namun uraian trik menambahkan gambar bisa dibaca pada artikel tersendiri. Bila sudah OK, bisa langsung tekan tombol Publish yang ada disebelah kanan.

b. Mengetik di Notepat atau Microsoft Word.

  • Silakan buka notepad atau microsoft word, lalu ketik artikel yang akan dipublish. Saya sendiri lebih suka mengetikkan pada microsoft word, sekaligus menata dan mengeditnya. Menabahkan kata bold, italic atau garis bawah, termasuk menata paragraf. Rata kiri atau rata kanan saya abaikan, karena bisa diatur di kotak posting.
  • Bila sudah selesai edit dana dibaca ulang untuk menghindari salah ketik, maka saya simpan, dengan begitu saya juga punya backup artikel. Untuk memasukkan ke kotak Posting maka saya blok seluruh artikel dan saya copy (Ctrl+C).
  • Selanjutnya saya buka dashboard dan Add Post. Pada kotak Posting, perhatikan kotak-kotak kecil fiturnya. Pada baris kedua, ada kotak dengan lambang W. Klik kotak kecil berlambang W ini. Maka akan muncul kotak pop-up  untuk menempatkan artikel.
  • Masukkan kursor ke dalam kotak pop-up lalu pastekan artikel yang telah dicopy tadi (Ctrl+V). Beberapa saat, semua artikel telah masuk ke kotak pop-up. Selanjutnya tekan tombol Insert. Maka artikel akan berpindah ke kotak Posting. Sama persis dengan hasil edit kita di microsoft word.
  • Selanjutnya bisa ditambahkan gambar atau foto dan diedit ulang bila perlu. Bila sudah OK bisa langsung dipublish.
  • Perlu menjadi perhatian, sebenarnya kita juga bisa langsung mempastekan artikel hasil copyan ke kotak Posting tanpa melalui kotak pop-up. Namun hasilnya akan berbeda atau berubah. Sehingga kita terpaksa harus melakukan edit ulang.

2. Mengedit Artikel

  •   Mengedit artikel bisa dilakukan dengan mudah pula. Wordprerss sudah menyediakan fasilitasnya cukup lengkap. Asyiknya lagi, semua itu dapat dilakukan dengan gampang, meski kita seorang pemula. Tinggal klik dan klik saja.
  • Pada kotak Posting, sedulur netter bisa melihat adanya kotak-kotak kecil sebagai fitur mengedit artikel. Silakan dicoba-coba supaya familiar dengan fitur tersebut. Tidak perlu takut salah, karena fungsi kerjanya sama dengan fasilitas microsoft word.

3. Publish Artikel

  • Bila proses pengeditan artikel sudah selesai dan atikel dianggap sudah OK untuk dipublish, maka kita tiggal tekan tombol Publish yang ada disebelah kanan. Biasanya berwarna biru atau hitam.
  • Sebelum melakukan publish artikel, maka ada langkah sederhana agar artikel sedulur netter mudah dikenali search engine. Yakni memasukkan dalam kategori dan memasukkan kata kunci pada kolom add keyword.
  • Pada bagian kanan layar, cari fasilitas categori. Categori ini adalah fitur yang kita buat sendiri  dengan tujuan untuk mengelompokkan artikel-artikel yang jumlahnya banyak. Misalnya pada web caramembuat web.net ada kategori “website wordpress, belajar bisnis online, tokoonline, domain & Web Hosting Murah” Centang pada kategori yang dipilih. Misalnya Website WordPress.
  • Selanjutnya masukkan tag kata kunci-kata kunci yang sedulur netter bidik agar mudah dikenali search engine. Tempatnya ada di bawah categori. Setelah kata kunci dimasukkan tekan Add. Maka tag kanta kunci sudah ditandai. Selanjutnya tekan tombol Publish.
  • Saat tombol ditekan maka proses publish pun berlangsung dengan tanda lampu atau lingkaran yang berputar. Sejenak kemudian, artikel di kotak posting hilang dan sejenak kemudian muncul lagi.
  • Di bagian atas akan diberi tahu proses publish sukses atau gagal. Bila gagal bisa diulang lagi. Bila berhasil bisa dilihat dengan menekan tombol previed yang letaknya berdekatan dengan tombol Publish.
  • Khusus ulasan trik mempublish artikel saat liburan akan dibahas tersendiri. Yaitu dengan memanfaatkan fitur jadual publish.

Bagaimana mudah kan? Satu langkah lagi ilmu cara membuat web sedulur netter bertambah dan semakin mantap. Selamat ya..

Wassalam

Sudjono AF

Similar Posts:

READ :   Optimasi Dashboard di Wordpress

One thought on “Cara Membuat Web: Trik Melakukan Postingan Artikel Pada Post”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.