Cara Membuat Web: Trik Menambah Link ”Read More” Postingan WordPress

Artikel “Cara Membuat Web” kali ini adalah cara membuat ‘read more’ atau tulisan ‘baca selanjutnya’ pada saat sedulur netter melakukan posting.  Cara membuat ‘read more’ sebenarnya cukup mudah, cuma satu klik saja selesai. Namun mungkin bagi sedulur netter yang masih baru belajar cara membuat web kadang agak membingungkan.Cara Membuat Web: Membuat Readmore

Read more  dalam cara membuat web, sebenarnya sebuah link dan fitur yang sudah ada di dalam WordPress.Fungsi utamanya adalah untuk memperindah desain sebuah web atau blog.Yaitu dengan memperpendek tampilan artikel yang panjang untuk tampil di halaman pertama web kita (Home). Jadi bila artikel sedulur netter panjang, cukup ditampilkan satu atau dua alinea saja di halaman pertama.

Selanjutnya di bawah alinea tersebut ada tuisan read more. Dengan begitu pada halaman pertama website sedulur netter bisa ditampilkan beberapa artikel yang masing-masing hanya alinea satu sampai alinea dua saja. Biasanya ada 5-10 artikel. Namun semua tergantung dari jenis web dan keputusan sedulur netter sendiri dalam menetapakan cara membuat web.

Tujuan ditampilkan hannya satu atau dua alinea di halaman pertama atau Home website adalah untuk menarik pengunjung membaca postingan artikel lain. Nah, dengan ditampilkannya alinea-alinea artikel yang penting dan menarik, maka pengunjung akan tahu bahwa ada artikel lain yang juga menarik.

READ :   Cara Gampang Jualan Barang Lewat Internet

Bila pengunjung tertarik dan mengklik artikel-artikel lain, hal ini sangat menguntungkan bagi kita. Website kita disukai pengunjung. Hasilnya website kita juga disukai search engine, sehingga akan ditampillkan di halaman satu search engine. Jangka panjangnya website kita akan kebanjiran trafik atau pengunjung.

Kembali ke ‘read more’ cara membuat web. Nanti sedulur netter bisa mencoba-coba berapa artikel yang ingin ditampilkan agar desain website menjadi bagus. Khusus untuk toko online, yang biasanya hanya gambar-gambar produk yang ditampilkan, maka jumlahnya bisa lebih dari 10 artikel. Karena satu produk dianggap satu artikel.

Cara Menambah Read More

Bila sedulur netter memilih cara membuat web dengan WordPress maka ada dua cara untuk menambahkan ‘read more’. Bisa dengan mode pengeditan Visual, dan ini yang paling mudah atau dengan mode pengeditan HTML. Pada saat kita memulai posting atau add new post maka di sebelah kanan kotak add new post ada tambahan tombol Visual dan HTML.

  1. Cara pengeditan Visual

Setelah sedulur netter selesai menulis artikel atau sudah mengcopy artikel dari notepad/microsoft word maka jelas atikel tersebut cukup panjang untuk tampil di halaman satu website kita. Artikel dengan 300 karakter saja sudah satu halaman. Apalagi yang artikelnya 800 karakter atau lebih. Makanya perlu dipotong.

READ :   5 Kesalahan Dalam Memulai Bisnis Online

Pilih di paragraf mana yang ingin dipotong untuk ditambahkan ‘read more’. Saran saya potong setelah paragraf pertama atau kedua. Bila lebih dari itu maka tampilan website kita akan tampak kurang bagus. Atau lebih pas-nya kurang rapi.

Seteleh sedulur netter menetapkan posisi ‘read more’, letakkan kursor pada posisi tersebut, dan klik agar kursor berhenti, seolah kita akan mengedit artikel. Kemudian lihat di dalam kotak tombol kecil-kecil, maka di sebelah tombol huruf ABC ada gambar dua kotak yang di tengahnya ada garis putus-putus. Tombol itulah yang menjadi perhatian kita.

Klik tombol kecil tersebut maka beberapa saat pada posisi artikel dimana kursur berada akan muncul garis putus-putus dan tulisan ‘read more’ di sebalah kanan. Ini berarti proses berhasil.  Untuk mendapatkan ‘read more’ ini sedulur netter juga bisa menekan tombol Alt+Shift+T pada keyboarad setelah meletakkan kursor pada posisi dimana ‘read more’ akan diletakan.

Munculnya garis putus-putus merupakan tanda disitulah artikel terpotong. Artikel yang berada di bagian atas tanda ‘read more’ akan tampil di halaman muka (Home) website. Sedang artikel bagian bawah tanda ‘read more’ disembunyikan. Pada halaman muka (Home) website, artikel lengkap bisa dibaca bila pengunjung atau sedulur netter  meng-klik judul artikel atau tanda ‘read more’.

  1. Cara pengeditan HTML
READ :   Belajar Cara Membuat Web

Cara kedua adalah melalui mode pengeditan HTML. Pada prinsipnya cara ini hampir sama dengan mode pengediatn Visual. Bedanya, cara penambahan link ‘read more’ dibuat dengan cara mengetik kode ‘read more tag’ secara manual. Langkah-langkahnya juga sama.

Yaitu letakkan kursor dimana posisi ‘read more’ akan dipasang untuk memotong artikel dan hidupkan atau klik kursor pada posisi tersebut. Selanjutnya tambahkan kode HTML berikut:

<!—more–>

pada tempat dimana artikel akan dipotong. Coba lihat hasilnya dengan menekan tombol Previed posting sebelum melakukan atau menekan tombol Publish. Bila sudah OK bisa langsung dipublish.

Oya, tulisan kode HTML : <!—more–> bisa juga diganti <–Baca Selengkapnya–>, sehingga lebih familier karena pembaca website kita orang Indonesia.

Bagaimana gampang kan? Satu lagi ilmu cara membuat web sedulur netter bertambah dan semakin mantap. Selamat ya..

Wassalam

Sudjono AF

Similar Posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.