Cara Mendapatkan Domain Murah

Cara mendapatkan domain murah sebenarnya cukup mudah. Setelah sedulur netter melakukan riset kata kunci dan menetapkan nama domain yang akan digunakan sebagai nama website atau blog, saatnya kini hunting harga domain murah.

Domain MurahHarga domain disebut murah sebenarnya sangat relatif. Bila membeli nama domain melalui layanan penyedia nama domain lokal umumnya tidak terpaut jauh. Harga sewanya sekitar Rp80.000,- sampai Rp125.000,- Saya sudah ubek-ubek di beberapa layanan penyedia domain murah di Indonesia, namun belum menemukan yang harganya lebih murah dari Rp80.000,-

Domain murah bisa sedulur netter dapatkan bila membeli nama domain murah tersebut di penyedia nama domain luar negeri. Godaddy misalnya. Pada waktu-waktu tertentu ada paket diskon besar, hingga 70%. Jadi harganya tinggal US$2,90 alias Rp30.000 saja. Harga normalnya adalah US$ 9,99. Bahkan ada layanan hosting luar yang menjual paket sewa web hosting dan memberikan bonus biaya sewa domain gratis di tahun pertama.

Namun harga domain murah juga dipengaruhi oleh akhiran nama domain. Akhiran nama domain dot com (.com) selalu diburu orang sehingga harganya cenderung stabil, pada kisaran Rp90.000 sampai Rp100.000. Akhiran nama domain, seperti  dot net, dot org, dot info biasanya hampir sama dengan dot com. Meski dot info kadang lebih murah.

Siapkan Beberapa Nama Domain Murah

Saya menyarankan, pada saat melakukan riset kata kunci untuk dijadikan nama domain murah, siapkanlah beberapa nama yang masih dekat hubungannya dengan topik website pilihan sedulur netter. Misalnya topik “Membuat Website”, untuk itu saya menyiapkan beberapa nama domain. Seperti: belajar membuat website, belajar membuat web, belajar bikin web, cara membuat website, cara membuat web, belajar bikin website, dan lainnya hingga 10-an nama.

READ :   5 Kesalahan Dalam Memulai Bisnis Online

Tentunya nama-nama domain murah alternatif tersebut juga sudah melalui riset kata kunci. Dimana pencarinya banyak namun pesaingnya masih dalam batas wajar. Biasanya kata kunci yang bagus akan menjadi rebutan banyak orang.

Nah, bila domain murah yang sedulur netter bidik hanya satu nama saja, kemudian ternyata nama domain tersebut sudah dimiliki orang lain, maka kita akan kecewa berat. Tapi bila sudah punya cadangan nama domain lain kan enjoy aja.

Untuk kasus nama domain murah diatas, saya sendiri akhirnya menetapkan nama domain “cara membuat web”, karena nama lain sudah dimiliki orang. Bahkan saya tidak mendapatkan akhiran com yang saya incar. Jadilah nama website; www.caramembuatweb.net

Cari Di Beberapa Penyedia Layanan Domain Murah

Untuk mendapatkan domain murah, bagi sedulur netter yang baru memulai belajar cara membuat web, lakukan cara berikut:

  1. Buka dulu salah satu perusahaan penyedia layanan domain murah. Mana saja. Hal ini hanya untuk mengecek ketersediaan nama domain murah bukan untuk memesan.
  2. Cek satu persatu ketersediaan calon nama domain murah yang sudah sedulur netter siapkan. Mana yang masih tersedia dan yang sudah dibeli orang. Catat juga akhiran nama domainnya: dot com, net, org , atau info.
  3. Utamakan yang akhiran nama domain dot com. Karena akhiran dot com paling populer.
  4. Setelah mendapatkan nama domain murah apa saja yang tersedia, baru kita berburu untuk mendapatkan domain murah.
  5. Buka Google dot com. Ketikkan frase kata “domain murah” pada search engine simbah Google tersebut. Maka dalam sekejap akan terbuka jajaran nama-nama perusahaan penyedia layanan penjualan nama domain.
  6. Buka satu persatu website mereka dan lihat berapa harga yang ditawarkan. Namun saya mengingatkan, jangan keburu tergiur dengan tawaran harga murah. Periksa dengan seksama kredibilitas perusahaannya. Jangan sampai mendapat harga murah namun bermasalah. Biasanya, perusahaan layanan penyedia nama domain murah, sekaligus penyedia layanan web hosting.
  7. Setelah membuka beberapa layanan perusahaan penyedia domain murah dengan berbagai variasi harga, saatnya menetapkan pilihan. Sekali lagi pertimbangkan untuk menggabungkan saja pembelian domain murah dengan sewa web hostingnya. Dengan begitu bila ada trouble mudah menghubungi tim supportnya.
READ :   Pengaturan SEO Smart Links

Ok! Saatnya Menetapkan Domain Murah.

Setelah riset beberapa nama domain murah dan akhirannya yang telah kita siapkan, selanjutnya menetapkan nama domain dan akhirannya untuk nama website. Misalnya untuk website saya ini namanya: “cara membuat web.net”. Saya sudah cocok dan suka dengan nama tersebut. Meski sebenarnya saya mengincar nama: belajar membuat website dot com. Sayang sudah dibeli orang.

READ :   Cara Membuat Web Wordpress Dapet Duit

Ya, saatnya sedulur netter meputuskan perusahaan layanan penyedia nama domain murah. Tentunya dengan pertimbangan baik-baik setelah ubek-ubekan. Misalnya, saya memutuskan membeli domain dan sewa web hosting di CB Webspace kepunyaan Cak Lutvi Avandi dari Surabaya. Alasannya sederhana saja, nama Cak Lutvi sudah bagus di dunia internet dan harga domain murahnya benar-benar murah. Hanya Rp85.500,- Saya belum menemukan yang harganya di bawah ini.

Namun sekali lagi, domain murah adalah realtif. Patokan terbaik cara mendapatkannya menurut saya adalah referensi dari saudara, sahabat dekat, dan kolega. Kedua tidak kalah penting adalah layanan web hostingnya. Tidak ada manfaatnya mendapat harga domain murah tetapi web hostinganya sering down atau ngadat. Itulah dua sisi mata uang: domain murah dan web hosting murah berkualitas.

Bagaimana sedulur netter? Ilmu cara membuat webnya bertambah lagi dan semakain mantap. Selamat ya….

Wassalam

Sudjono AF

Similar Posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.