Memilih Nama Domain yang Tepat Untuk Wibsite Kita

Memilih Nama Domain

Memilih nama domain yang tepat bagi usaha sedulur netter sangatlah berpengaruh bagi keberlangsungan usaha sedulur netter di bisnis online. Untuk itu sedulur netter perlu menimbang-nimbang beberapa hal berikut sebelum memilih nama domian.

PesonaWisataIndonesia.com
Memilih Nama Domain

Pemberian nama domain memiliki aturan yang telah ditetapkan secara internasional. Beberapa aturan dasarnya adalah:

–          Dalam memilih nama domain, pemakaian huruf besar (kapital) atau huruf kecil (normal) tidak berpengaruh pada nama domain dan pencarian nama domain oleh search engine. Jadi ketika sedulur netter memilih nama domain: caramembuatweb.net (menggunakan huruf kecil semua) atau CaraMembuatWeb.net (sebagian menggunakan huruf besar) adalah sama.

–          Nama domain hanya dapat mengandung karakter alpha-numeric (0-9 ; A-Z) dan tanda minus (-). Nama domain tidak bisa diawali dan diakhiri dengan tanda minus (-). Jadi tanda minus (-) hanya bisa dipakai di tengah. Misalnya: Turist-Attaraction.com.

–          Panjang maksimun nama domain adalah 63 karakter, tidak termasuk 4 karakter akhiran nama domain (.com; .net; .org). Coba sedulur netter memilih nama domain apa yang panjangnya 63 karakter. Rasanya agak susah. Saya coba ya: KursusOnlinedanOfflineBelajarCaraMembuatWebBagiPemula = 53 karakter. He..he.. ternyata masih kurang panjang. Ayo sedulur netter mau coba buat yang lain?

READ :   Tool Penting Dalam Memulai Bisnis Online

–          Ada beberapa layanan pendaftaran nama domain (registral) tidak memperbolehkan penggunaan numeric (0-9) pada awal nama domain. Jadi sedulur netter tidak bisa memilih nama domain : 101Dalmatian.com.

Tip-tip berikut akan membantu sedulur netter dalam memilih nama domain. Namun keputusan tetap di tangan sedulur netter berdasarkan berbagai pertimbangan pribadi sesuai dengan keperluan, tujuan dan usaha sedulur netter belajar cara  membuat web.

–          Untuk mudah diingat, sebaiknya sedulur netter memilih nama domain pendek. Seperti: satu.com, oke.net. Nama domain dengan dua suku kata, sangat mudah diingat. Seperti: google.com. yahoo.com. Namun dengan pertimbangan tertentu nama domain panjang juga disarankan. Seperti: PesonaWisataIndonesia.com dan lainnya.

–          Untuk meningkatkan brand produk atau perusahaan, disarankan memilih nama domain langsung saja  berupa nama produk atau nama perusahaan. Misalnya: katvonline.com, kompas.com, majalahka.com.

–          Bila sedulur netter belum memiliki nama produk atau perusahaan maka sebaiknya memilih nama domain dengan menggunakan kata kuci hasil riset dalam belajar cara membuat web. Hal ini penting untuk search engine, sehingga web sedulur netter cepat terindeks. Misalnya: majalahka.com. Bila sedulur netter mengetik kata kunci: “kereta api” maka web www.majalahka.com berada di posisi halaman pertama.

READ :   Ebook Gratis 7 Tahapan Membangun Bisnis Online

–          Akhiran nama domain  dot com lebih popular dan familier di telinga, baik di kalangan masyarakat Indonesia maupun luar. Jadi ya usahakan memilih nama domain sedulur netter menggunakan akhiran dot com, meskipun kadang harganya sedikit agak mahal.

–          Sebaiknya menghindari penggunaan huruf ganda dalam memilih nama domain karena agak sulit dalam pengetikkan. Misalnya: herballaris.com. Lebih baik herbal-laris.com dengan menambahkan tanda minus (-) ditengahnya. Atau mencari padanan kata “laris” seperti kata “top” sehingga menjadi herbaltop.com.

–          Bila target pasar web sedulur netter nantinya adalah dalam negeri, sebaiknya menggunakan kata bahasa Indonesia yang sudah dikenal. Hindari kata asing atau kata sansekerta dalam memilih nama domain. Hal ini untuk menghidari kesalahan ketik.

–          Bila sedulur netter mendapat tugas untuk memilih nama domain yang mewakili sebuah nama perusahaan besar, sebaiknya membeli juga nama-nama domain yang berdekatan dengan nama domain utama. Misalnya nama domain utama: klikbca.com, maka beli juga clikbca.com; klicbca.com, klikbca.net, klikbca.info dan lainnya. Tujuannya adalah untuk menghindari pembelokkan informasi yang penting oleh para netter jahat. Sehingga bisa merugikan nama dan pelayanan perusahaan.

READ :   Memulai Bisnis Online dengan Menjual Produk Sendiri

Sedulur netter sudah paham kan? Memilih nama domain memang penting dan perlu. Pada artikel cara membuat web berikutnya akan saya uraikan seputar webhosting. Silakan mengotak-atik dan bereksperimen memilih nama domain.

Wassalam

Sudjono AF

www.MajalahKA.com

NB: “Apa arti sebuah nama?” Ungkapan yang sudah terkenal. Nama adalah sebuah identitas diri, kepribadian, kesyukuran dan kebanggaan. Jangan sembarang memilih nama karena nama merupakan sebuah DOA dan harapan masa depan.

Baca juga:  Mencari Domain dan Hosting Murah; Nama Domain

 

Similar Posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.