Mengenal Google Adsense Untuk Pemula

Cara Mendapatkan penghasilan-dari google-adsense

Mengenal Google Adsense Untuk Pemula. Yuk kita simak paparan artikel berikut yang mengupas seputar Google Adsense.

Membuat Web Untuk Mendapatkan-Uang-dengan-Google-Adsense
Membuat Web Untuk Mendapatkan-Uang-dengan-Google-Adsense

Apa itu Google Adsense?

Google Adsense adalah suatu program periklanan online yang dimiliki oleh perusahaan raksasa internet Google, Inc., Google menawarkan program Adsense ini kepada semua orang yang memiliki konten pada website atau blog. Dari manakah para peng-iklan datang? Selain program Google Adsense, Google juga  memiliki  program  periklanan  yang  disebut  dengan  program  Google Adwords. Google Adwords adalah suatu program periklanan online yang diperuntukan bagi orang-orang yang memiliki bisnis dan ingin mengiklankannya di internet melalui mesin pencari Google (www.google.com) atau melalui jaringan website/blog yang mengikuti program Google Adsense. Jadi orang-orang yang beriklan   di   Google   Adwords   nantinya   iklan   mereka   akan   muncul   pada website/blog orang-orang yang mengikuti program Google Adsense.

 

Bagaimanakah Sistem Program Google Adsense?

Program Google Adsense adalah jenis periklanan online dengan sistem Pay Per Click (PPC). Dalam sistem PPC ini seorang publisher Google Adsense akan mendapatkan komisi jika iklan Adsense yang ditampilkan pada website/blog mereka diklik oleh pengunjung yang memang tertarik pada iklan yang muncul pada website/blog tersebut. Jadi jika ada pengunjung yang melihat iklan Google Adsense kemudian pengunjung tersebut tertarik pada suatu iklan dan meng-klik- nya, maka si pemilik website/blog tersebut akan mendapatkan komisi.

READ :   Praktek SEO Cara Membuat Web Bagi Pemula

Komisi per-klik dari iklan Adsense sangat bervariasi tergantung seberapa besar pengiklan (advertiser) ingin membayar untuk iklan mereka pada program Google Adwords, mulai dari yang terendah yaitu sekitar $0,01/klik hingga beberapa dollar per-kliknya. Saya sendiri sangat sering mendapatkan nilai klik yang cukup tinggi antara $0,5 hingga $7/klik-nya, menarik bukan? Pada Bab-bab selanjutnya saya akan memberi tahu rahasianya agar memperoleh nilai klik yang tinggi.

Perhatikan contoh gambar dibawah ini, bisa Anda lihat disitu terdapat contoh iklan Google Adsense yang ada pada suatu blog. Ada iklan jenis teks/text ads (atas) dan ada iklan jenis gambar/image ads (bawah), seperti ditunjukan oleh tanda panah merah.

READ :   Menambahkan Google+ ke Website
Mengenal google adsense untuk pemula
Mengenal google adsense untuk pemula

Contoh kasus:

Saya punya sebuah blog yang memiliki jumlah pengunjung rata-rata sebanyak 500 orang/hari. Dari 500 pengunjung blog tersebut saya memperoleh CTR (Click Through Rate/Persentase Konversi Klik) sebesar 10%, yang artinya

500 x 10% = 50 klik (artinya dari total 500 orang pengunjung blog hanya ada 50 pengunjung saja yang meng-klik iklan Adsense).

Misalkan rata-rata komisi iklan per-kliknya adalah $0,50/klik, berarti penghasilan saya sehari dari blog tersebut adalah 50 klik x $0,50 = $25/hari ~ hampir senilai Rp. 250.000/hari.

Ini adalah penghasilan dari 1 blog, bayangkan jika Anda punya 4 blog saja, berarti $25 x 4 blog = $100/hari ~ hampir senilai Rp 1 juta/hari. Berarti dalam 1 bulan bisa mendapatkan $100 x 30 hari = $3000 ~ hampir senilai Rp. 30 juta/bulan.

READ :   Mengenal Point-point Google Websaster Tools

 

Jumlah uang bulanan yang lumayan besar bisa dihasilkan darai google adsense.

Jadi dalam program Google Adsense ini, semakin banyak konten pada blog Anda maka kemungkinan akan semakin banyak pula pengunjungnya, dan jika pengunjungnya semakin banyak, maka penghasilan Adsense Anda pun kemungkinan akan semakin besar. Konten blog bisa berupa artikel, gambar, video, dan informasi lainnya yang bermanfaat bagi orang lain.

Buku google adsense untuk pemula
Buku google adsense untuk pemula

Mengenal Google Adsense Untuk Pemula

Similar Posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.