Perbedaan WordPress.com dengan WordPress.org

Bagi anda yang masih tergolong baru didunia Bloger, seringkali merasa kebingungan akan istilah ini. Apa memang  WordPress.com dan wordpress.org itu sama?  Mungkin ini yang disebut dengan “serupa tapi tak sama”, wordpress.com dengan wordpress.org itu adalah dua hal berbeda walaupun hampir sama.  Mari kita sedikit  mencermati akan dua istilah tersebut :

Perbedaan wordpress.com dan wordpress.org

WordPress.com adalah penyedia blog gratis atau istilah asingnya free blog provider. Software blog yang digunakan adalah wordpress. Di wordpress.com anda dapat membuat blog tanpa harus mengeluarkan biaya sedikitpun alias gratis, anda tidak perlu membeli nama domain atau hosting. Yang perlu anda lakukan hanyalah mendaftar di www.wordpress.com dan ciptakan blog anda sesuai dengan langkah-langkah yang telah di tentukan wordpress.com.dan anda akan mendapatkan domain gratis.
WordPress.org berbeda dengan wordpress.com, WordPress.org ini adalah penyedia software/CMS gratis untuk membuat blog ataupun website. CMS/software itu sendiri dinamakan dengan wordpress. Siapapun boleh mengunduh atau mendownload software wordpress tersebut lalu menggunakannya sebagi software blog. Secara singkat, apabila anda ingin membuat blog/website menggunakan software wordpress, anda tinggal mendownload softwarenya  di www.wordpress.org  kemudian menginstall nya pada hosting yang anda miliki, baik pada hosting berbayar ataupun hosting gratis. Namun, blog anda tidak ada hubungannya dengan wordpress.com. Membuat blog menggunakan software wordpress yang didapat dari wordpress.org lebih dikenal dengan istilah wordpress self hosting atau wordpress hosting sendiri. Jadi jika WordPress.com kita tinggal register di wordpress.com dan akan mendapatkan domain sepeti xxxx.wordpress.com sedangkan kalau di wordpress.org kita dapat mendownload untuk  menginstall sendiri CMS wordpress itu dengan domain yang gratis atau pun berbayar.

READ :   Bagaimana Mencari Ide Bisnis Untuk Bisnis Online Kita?

Dari kedua perbedaan tersebut, tentu ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing baik itu membuat blog di wordpress.com atau menggunakan CMS dari wordpress.org. Berikut adalah sedikit ulasan tentang kelebihan dan kekurangan antara wordpress.com dengan wordpress.org.

 

 

 

Kelebihan WordPress.com

  1. Untuk membuat blog di wordpress.com tidak perlu pusing untuk menginstall CMS wordpress, anda cukup mengikuti prosedur pendaftaran di wordpress.com.
  2. Karena wordpress.com sudah memiliki server yang tangguh walaupun hosstinger berjumlah ratusan  anda tidak perlu kawatir dengan gangguan lalu lintas.
  3. Anda sudah memilki nama domain gratis dari wordpress.com
  4. Dijamin aman oleh pihak wordpress.com dari hacker / kemungkinan pencurian data
READ :   Cara Riset Kata Kunci Agar Blog Adsense Banyak Trafik

Kekurangan WordPress.com

  1. Tidak dapat install Plugin.
  2. Tidak dapat install theme / tema.
  3. Fungsi javascrip di nonaktif.
  4. Terikat dengan peraturan wordpress.com.
  5. Kurang di percaya oleh kustomer jika membuka toko online.

Kelebihan WordPress.org (WordPress hosting sendiri)

  1. Dapat install plugin secara bebas.
  2. Dapat install theme / tema secara bebas.
  3. Javascript berfungsi secara normal.
  4. Tidak terikat dengan peraturan wordpress.com. Walaupun blog anda menggunakan software wordpress, namun blog anda tidak ada hubungannya dengan wordpress.com, oleh karenanya anda tidak terikat oleh aturan wordpress.com. Walau demikian, anda tentunya terikat dengan peraturan perusahaan hosting dimana anda menyewa hosting.
  5. Lebih di percaya.
READ :   Tips Memilih Web Hosting Murah dan Handal

Kekurangan WordPress.org

  1. Harus install software wordpress sendiri. Semua dilakukan oleh anda sendiri, oleh karenanya diperlukan pengetahuan tentang instalasi wordpress.
  2. Harus mengeluakan biaya membeli domain dan hosting (walaupun tentu ada juga domain dan hosting gratis yang bertebaran di internet).

Demikian perbedaan serta kelebihan dan kekurangan wordpress.com dan wordpress.org semoga bisa bermanfaat

Similar Posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.