Keuntungan WordPress Dalam Membuat Website

Keuntungan WordPress cukup banyak. Dalam tulisan ini saya tidak membahas kelebihan dan kekurangan cara membuat web dengan WordPress dibanding Content Management System (CMS) lain, seperti Jomlaa, Blogspot dan lainnya, Karena masing-masing CMS selalu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Keuntungan WordPress Dalam Membuat Website

Empat website saya menggunakan CMS WordPress. Itulah sebabnya saya ingin berbagi beberapa keuntungan WordPress yang telah saya petik dalam belajar cara membuat web.

WordPress telah memudahkan saya dalam membuat web. Apalagi waktu awal-awal berkenalan dengan internet cara membuat web. Perawatannya juga mudah dan hasilnya powerful. WordPress memiliki banyak fitur yang saya sebut luar biasa untuk mendukung kreasi sedulur netter dalam belajar cara membuat web. Dan yang paling menguntungkan, WordPress adalah CMS yang gratis tis..tis..

Sungguh saya sering berpikir, kok ada ya, orang-orang baik yang mau berkorban begitu banyak dan hasilnya dihadiahkan gratis begitu saja? Benar-benar luar beiasa.

Inilah beberapa keuntungan WordPress

Berikut ini adalah beberapa keuntungan WordPress yang telah saya nikmati dalam menggunakan WordPress. Keuntungan WordPress ini juda telah ditekankan oleh Cak Lutvi Avandi, salah satu pakar dan praktisi WordPress Indonesia.

  1. Template system, yang memudahkan sedulur netter merubah-ubah tampilan web hanya dengan beberapa klik ujung jari. Begitu mudah karena tinggal mengikuti panduan dan begitu cepat. Cuma dalam hitungan detik, web sudah berubah. Masih ditambah, web sedulur netter tetap berjalan aman.
  2. Integrated link management, yang memudahkan sedulur netter mengatur dan mengorganisir link-link atau tautan web sedulur netter ke web atau blog lain, hanya dengan mengisi formulir saja.
  3. Search engine?friendly permalink structure, yang membuat web sedulur netter ramai dikunjungi sedulur lain. Karena setiap artikel yang sedulur netter buat mampu memberi alamat halaman yang sesuai dengan judul artikel. Dengan begitu simbah Google atau kakek Yahoo dan mesin pencari lain lebih mudah membacanya, untuk disimpan dan dipajang.
  4. Support for plugins, yang memudahkan sedulur netter memsimbiosiskan beberapa plugin sekaligus sesuai kebutuhan. Plugin ini penting untuk membuat web sedulur netter tampil lebih oke, berkemampuan top dalam menjaring pengunjung serta merangkul search engine, termasuk membentengi spam.
  5. Support for widgets, yang memudahkan sedulur netter untuk mengatur urutan modul-modul dan menambah-nambahnya di area sidebar. Termasuk menarik link-link iklan komersial. Caranya cukup dengan pola drag and drop.
  6. Trackback and pingback, yang memudahkan sedulur netter untuk bisa saling terkoneksi dengan web-web atau blog?blog lain. Dengan begitu web sedulur netter  dapat meningkatkan popularitas.
  7. Nested categories and multiple categories for articles, yang memudahkan sedulur netter mengelompokkan artikel?artikel dalam satu kategori atau sebaliknya satu artikel dimasukkan ke dalam banyak kategori. Kedua pengorganisasian tersebut dapat dengan mudah dilakukan.
  8. Typographic filters for proper formatting and styling of text,  yang memudahkan sedulur netter menseting artikel, mengubah ukuran huruf, jenis font, paragraph dan lainnya. Semuanya begitu gampang dilakukan. Enaknya, sedulur netter tak perlu memahami kode HTML atau CSS yang panjang dan jlimet.
  9. Static pages, yang memudahkan sedulur netter membuat halaman statis, yaitu halaman yang tidak sering di-update. Misalnya halaman about us, contack us, cara belanja dan pembayaran, pertanyaan-pertanyaan umum, peraturan-peraturan, dan lainnya. Sedulur netter tinggal membuatnya di “page”.
  10. Tag support, yang memudahkan sedulur netter membuat dan menambahkan “tag” agar search engine lebih cepat dan gampang kepincut isi artikel-artikel yang telah sedulur netter buat dan upload.
  11. Multiple authors, yang memudahkan sedulur netter untuk berbagi dengan sedulur lain dalam mengisi artikel-artikel dan menguploadnya. Dengan begitu web sedulur netter akan lebih berbobot dan beragam. WordPress memiliki kemampuan menangani itu semua dengan tingkat keamanan berlapis-lapis.
  12. Can store a list of users who visit your web, yang memudahkan sedulur netter mengetahui siapa saja pengujung web, baik jumlahnya maupun asal negaranya, dalam periode waktu tertentu sesuai keinginan sedulur netter.
  13. Can block site visitors by IP address, yang memudahkan sedulur netter untuk memblokir pengunjung yang nakal dan tidak sedulur netter inginkan, melalui IP tertentu.
  14. Comment support, yang memudahkan sedulur netter untuk langsung berinteraksi dengan pengunjung. Mereka bisa memberikan komentar pada artikel-artikel dan sedulur netter bisa menyaring komentar-komentar mana yang akan diterima atau ditolak. Termasuk membalas kometer tersebut.
  15. RSS Feed support, yang memudahkan sedulur netter untuk mengirimkan artikel-artikel kepada member atau pengunjung yang sengaja berlangganan artikel -artikel melalui RSS. Dengan begitu pengunjung atau member selalu mendapat update artikel. Ini penting untuk mengingatkan pengunjung atau member bahwa nama web sedulur netter selalu aktif.
  16. Permalink  adalah struktur link spesifik sebuah artikel, contoh: http://caramembuatweb.net/cara-membuat-web/kursus-offline-cara-membuat-web/ . Dengan begitu memudahkan sedulur netter mengingatnya, dibanding bila menggunakan bahasa mesin. WordPress bisa meng-custome permalink agar lebih search engine friendly. Sedulur netter bisa menyesuaikan susunan judul artikel tanpa merubah susunan permalink. Jadi permalink ini meski tampak sepele namun penting juga.
READ :   Cara Membuat Web WordPress Mudah dan Cepat

Bagaimana? Keuntungan WordPress sebenarnya masih banyak lho. Sedulur netter bisa mengikuti forum wordpress internasional untuk mendalami dan mengenal keuntungan-keuntungan WordPress lainnya.

Jutaan sedulur netter dari seluruh penjuru dunia sudah menikmati keuntungan WordPress. Ayo.., sedulur netter, belajar cara membuat web dengan WordPress.

Wassalam

Sudjono AF

www.CaraMembuatWeb.com; www.MajalahKA.com; www.MajalahKA-Shop.com; www.IndonesiaTrain.com

NB:  Menentukan pilihan yang tepat dan sesuai dengan keinginan kadang memang sulit. Namun action, kita akan mengetahui hasilnya.

Baca juga:

READ :   Cara Mendapatkan Wordpress

Cara Membuat Web dengan WordPress

Similar Posts:

READ :   Cara Membuat Web: Trik Melakukan Postingan Artikel Pada Post

8 thoughts on “Keuntungan WordPress Dalam Membuat Website

  1. Pak Admin,
    Saya telah mencoba banyak cms untuk web sekolah saya. Akhirnya saya jatuh cinta dengan WordPress. Untuk itu, saya mohon ijin memuat artikel ini (Keuntungan WordPress) di website saya.

    Terimakasih sebelumnya.

  2. Pingback: Perubahan CMS SMP PGRI 2 Tanjunganom | SMP PGRI 2 Tanjunganom

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.