Memulai Bisnis Online Dari Hobi Fotografi

“Saya sih ingin sekali memulai bisnis online, tapi  tidak tahu mau jualan apa ya?” Mungkin pertanyaan tersebut pernah terlintas di pikiran sedulur netter. Juga pertanyan lain: “Bisnis online apa ya yang cocok bagi saya? Saya bingung nih untuk memulai bisnis online”.

He..he.. tak usah risau. Saya dulu juga begitu saat memulai bisnis online. Bingung memulainya dari mana. Oleh karena itu saya memberi saran. Bila sedulur netter masih pemula, saya sarankan mulailah bisnis online dari kekuatan yang ada pada diri sendiri.

"Memulai Bisnis Online Fotografi"
Memulai Bisnis Online Fotografi

Yaitu memulai bisnis online yang sesuai dengan minat dan hobi sedulur netter. Dengan begitu ide memulai bisnis online harus datang dari diri sendiri. Bukan dari saya atau orang lain. Sedulur netterlah yang paling tahu apa kesukaan dan hobi sedulur netter. Saya dan tutor lain hanya sebatas memancing kreativitas dan membuka wawasan saja.

Memulai bisnis online yang berangkat dari minat atau hobi akan membuat sedulur netter lebih enjoy dalam mengembangkan bisnis online di internet. Proses pembelajaran juga akan dirasakan sebagai sesuatu yang menyenangkan karena menyangkut hobi.

Sebagai pemula, belajar dari awal bagaimana memulai bisnis online akan sangat membantu dikemudian hari, saat binis online sudah berkembang. Sedulur netter bisa masuk ke pasar tertentu dan belajar bisnis online baru tanpa harus menyukai bidang tersebut. Namun sebagai langkah awal, mulailah bisnis online dari hobi.

READ :   Mengenal Drupal

Memulai bisnis online dari fotografi

“Ya, ok saya memiliki hobi. Bahkan ada beberapa, terus bagaimana memulai bisnis onlinenya?” Baiklah, ingat prinsip ini:

  1. Tulis dalam selembar kertas, hal-hal yang menjadi minat dan hobi.
  2. Cantumkan juga keahlian khusus yang sedulur netter miliki, jika ada.
  3. Telitilah kembali catatan tersebut. Pilih dua atau tiga yang paling menarik minat.
  4. Selanjutnya saring lagi hingga tinggal satu pilihan yang paling sedulur netter sukai. Patokannya, bila sedulur netter mengerjakan minat tersebut selalu penuh semangat dan antusias.
  5. Berikutnya, jadikan hobi sedulur netter bagian dari sebuah bisnis online.
  6. Lakukan riset, apakah hobi tersebut ada target marketnya?
  7. Temukan produk yang akan dijual untuk “memulai bisnis online”.

Masih belum menemukan juga ide bisnisnya? Baiklah coba temukan jawabannya dari pertanyaan berikut: “Kira-kira bagaimana cara menghasilkan duit dengan menolong atau memberi solusi  atas masalah orang lain dengan kemampuan,minat atau hobi yang sedulur netter miliki?”

Eureka..! Jika sedulur netter menemukan jawabannya, berarti sedulur netter sudah menemukan ide bisnisnya. “Yes..! Saya memiliki hobi yang paling menggairahkan yaitu fotografi.” Betul. Sedulur netter sudah bisa memulai bisnis online.

Sedulur netter dapat memanfaatkan internet untuk memamerkan foto-foto hasil karya sedulur netter. Selanjutnya belajar cara membuat web, mendesain situs sederhana yang berisi seputar dunia fotografi. Siapa tahu ada yang tertarik untuk menyewa jasa sedulur netter.

READ :   Cara Menginstall WampServer

Di dalam website sedulur netter bisa menulis tip-tip yang menarik seputra fotografi. Tujuannya adalah sharing dan memberikan edukasi kepada pengunjung website secara gratis. Karena pada dasarnya manusia menyukai hal-hal yang sifatnya gratis, apalagi memberi manfaat. Dari sinilah nantinya sedulur netter memulai bisnis onlilne.

Kumpulkan daftar pelanggan artikel-artikel fotografi yang datang ke website sedulur netter. Karena mereka inilah nantinya yang akan membeli produk sedulur netter. Memang tidak semua, setidaknya 5% sampai 10% dari pengunjung, sudah sangat bagus. Bila sudah begitu bisnis online sedulur netter pasti jalan.

Memulai bisnis online dengan memberikan berbagai tip gratis, mengumpulkan pelanggan, selanjutnya menawarkan produk.

Produk apa saja yang bisa ditawarkan? Bisa berupa produk digital maupun produk phisik. Misalnya:

  1. Ebook tip dan trik fotografi atau panduan memotret dengan baik dan benar, atau tip langkah demi langkah menjadi fotogfrafer profesional.
  2. Pelatihan fotografi online maupun offline.
  3. Membership fotografi club
  4. Pernak-pernik dan asesoris fotografi.
  5. Camera dan peralatan kamera, dengan cara kerjasama dengan produsen kamera.

Nah, banyak kan peluangnya? Bagimana? Sudah terbuka ide untuk memulai bisnis online?

Jadi intinya adalah berikan informasi yang berguna atau berupa solusi bagi suatu permasalahan orang lain. Maka selanjutnya sedulur netter bisa menjual produk terkait dan pelanggan akan dengan suka rela membelinya. Berikan dulu baru berpikir menjual.

Baik mari kita ringkas lagi. Untuk memulai bisnis online:

  1. Temukan hobi  terkuat yang sedulur netter miliki. Temukan ide bisnisnya dalam sebuah kata kunci.
  2. Lakukan riset adakah target marketnya. Ada berapa banyak orang yang mencarinya. Hal ini bisa dilakukan dengan alat atau tool gratis di intern, seperti yang sudah saya paparkan pada artikel Bagaimana Mencari Ide Bisnis Untuk Bisnis Online Kita
  3. Lakukan riset juga berapa jumlah pesaingnya di internet.
READ :   Bisnis Online Tanpa Modal?

Dengan data-data tersebut, selanjutnya sedulur netter bisa menentukan apakah hobi tersebut bisa dijadikan sebuah bisnis. Apakah sedulur netter sudah bisa memulai bisnis online. Oya.. jangan dikuatirkan dengan kata “riset dan target market” , itu tidak serumit yang sedulur netter bayangkan.  Semua bisa sedulur netter lakukan sendiri dengan cepat mudah dan gratis. Langkah-langkah cara membuat web bisa sedulur netter dapatkan di blok ini.

Bagaimana sedulur netter, sudah siap menemukan hobi terkuat dan memulai bisnis online?

Wassalam

Sudjono AF

Similar Posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.