Memulai Bisnis Online dengan Menjual Produk Sendiri

Ada dua pilihan dalam memulai bisnis online melalui internet. Pertama, menjual produk sendiri. Kedua menjualkan produk orang lain, yang biasa disebut sebagai affiliate atau reseller. Keduanya sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Inilah pengalaman saya menjual produk sendiri, Majalah Kereta Api. Saya lebih enjoy dan bersemangat dalam memulai bisnis online.

Contohnya, saya memiliki produk sendiri berupa Majalah Kereta Api edisi lama dan edisi PDF. Agar  produk tersebut masih bisa mendatangkan duit maka saya jual secara online. Saat memulai bisnis onlinedengan menjual Majalah Kereta Api tersebut, tentu saja saya sangat bersemangat karena hasilnya 100 persen masuk kantong saya. Alhamdulillah pesenan terus mengalir.

"Memulai Bisnis Online dengan Menjual Produk Sendiri"
Memulai Bisnis Online dengan Menjual Majalah Kereta Api PDF

Lha.., kalau tidak punya produk sendiri? Ya, tak perlu gengsi menjualkan produk orang lain. Banyak internet marketer Indonesia yang sudah kaya raya dengan menjualkan pruduk orang lain. Bahkan di bisnis offline pun, banyak orang menjualkan produk orang lain. Jadi meski tidak punya produk sendiri, sedulur netter tatap bisa memulai bisnis online.

Langkah awal memulai bisnis online adalah mencari permintaan pasar

Meski sedulur netter mau memulai bisnis online dengan menjual produk sendiri, saya sarankan tetap cari tahu terlebih dahulu, berapa besar permintaan pasarnya terhadap produk yang akan dijual. Caranya gimana? Gunakan alat bantu gratis yang disediakan simbah Google atau yang lain. Misalnya:

  1. Google adword keyword tools – https://adwords.google(dot)com/o/Targeting/Explorer
  2. Freekeywords.wordtracker  – http://www.keyworddiscovery(dot)com/search.html
READ :   Jual Beli Kaskus

Ketikkan nama produk yang akan sedulur netter jual, atau ketikkan permintan pasar yang kira-kira berhubungan dengan produk sedulur netter. Tentu saja bila target pasar produk sedulur netter adalah pasar luar negeri, maka cari target pasar dalam bahasa Inggris. Lakukan riset ini dengan alat bantu tersebut sebagai langkah awal memulai bisnis online.

Setelah berkutat dengan riset pencarian tersebut dan ternyata hasil pencarinya banyak, wah.. ini berita bagus. Sedulur netter bisa langsung memulai bisnis online menjual produk tersebut. Langkah-langkah yang telah saya uraikan di artikel sebelumnya “Bagaimana Mencari Ide Bisnis Untuk Bisnis Online Kita?” bisa sedulur netter gunakan. Saatnya sedulur netter belajar cara membuat web dan mengelolanya untuk mendukung bisnis online sedulur netter.

Terus bagaimana kalau ternyata produk tersebut sedikit atau tidak ada peminatnya? Tidak perlu cemas. Masih ada dan selalu ada jalan untuk “memulai bisnis online”.

  1. Yakin bahwa produk sedulur netter bermanfaat bagi orang lain.
  2. Harus kreatif menciptakan target market sendiri.
  3. Fleksibel masuk ke segmen-segmen pasar orang lain yang berhubungan dengan produk sedulur netter.
  4. Bersabar dan terus bersemangat melakukan edukasi dan promosi.

Internet adalah ladang memulai bisnis online

Inilah internet, ladang untuk memulai bisnis online dengan fasilitas yang luar biasa. Meski kadang-kadang produk yang akan sedulur netter jual tersebut belum ada peminatnya, maka sedulur netter tetap bisa menciptakan sebuah target market  baru.

READ :   Mengenal Drupal

Contoh: Saya memiliki produk Majalah Kereta Api. Saya mau menjualnya lewat internet. Setelah melakukan riset pasar, ternyata kok sidikit orang yang mencarinya di internet. Apakah saya menyerah? Jawabnya tidak! Saya tetap memulai bisnis online untuk menjual produk saya tersebut. Kuncinya, saya harus kreatif menciptakan target market, melakukan trial & error dan fleksibel memasuki target market orang lain.

Pertama yang saya lukukan adalah menentukan siapa target market produk saya, Majalah Kereta Api. Saya tidak menggunakan ilmu kudu atau pokoknya. Maksudnya, pokoknya semua orang dan seluruh karyawan PT Kereta Api Indonesia atau penumpang kereta api adalah target market produk saya Tidak! Saya berfikir lebih spesifik dengan beberapa pertanyaan:

  1. Siapa saja yang kira-kira suka dengan kereta api?
  2. Apakah para karyawan PT Kereta Api Indonesia mau membeli Majalah Kereta Api?
  3. Apakah para penumpang kereta api mau membeli Majalah Kereta Api?
  4. Adakah komunitas orang-orang yang suka kereta api?

Mungkin masih banyak pertanyaan lain yang lebih spesifik. Semakin banyak tentu semakin baik, karena akan memberi arah dalam memulai bisnis online sedulur netter. Dari keempat pertanyaan tersebut diatas, dengan berbagai pertimbangan dan hasil diskusi dengan beberapa orang, saya menetapkan target market awal produk saya adalah komunitas orang-orang penyuka kereta api. Karena yang namanya suka atau hobi maka dengan suka rela akan mengeluarkan uang untuk hobinya. Termasuk membeli Majalah Kereta Api.

READ :   Internet Marketing dan Promosi Online

Saya pun segera memulai bisnis online saya, dengan membuat web yang berisi tentang jenis-jenis kereta api dan lokomotif, jadual perjalanan kereta api, harga tiket kereta api, jalur kereta api, stasiun dan bengkel kereta api, kiprah para pekerja kereta api, dan serba-serbi kereta api dalam serta luar negeri. Tentu saja di dalamnya saya mengedepankan Majalah Kereta Api sebagai produk yang saya jual.

Alhamdulillah, produk saya Majalah Kereta Api, secara bertahap peminatnya terus meningkat. Kini sudah bisa cetak 8.000 eksemplar yang dijual umum di toko-toko buku, agen stasiun, railcafe, dan di atas kereta api eksekutif. Selanjutnya saya melakukan kreasi bisnis online lagi dengan memulai bisnis online yang menjual Majalah Kereta Api versi PDF. Target marketnya nanti juga ke luar negeri.

Itulah sekelumit kisah saya memulai bisnis online menjual Majalah Kereta Api. Nah, bagaimana apakah sedulur netter sudah siap memulai bisnis online dengan produk sendiri?

Wassalam

Sudjono AF

Similar Posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.